Thursday 19 November 2009

mu..se..um..Perjuangan





















Kali ini kami mengunjungi Museum Perjuangan, berbeda dengan formasi sebelumnya sekarang kami berlima (aku, AnT, Pyt, Sinta & Amanda), walau kami tinggal di Bogor, namun museum ini belum pernah kami kunjungi sama sekali.

Museum ini terletak tidak jauh dari pasar, sangat disayangkan lingkungan sekitarnyanya agak sedikit berantakan.

Memasuki pintu utama museum kami disambut oleh seorang bapak dan seorang ibu, lumayan sudah cukup berumur, kami dipersilahkan mengisi buku tamu terlebih dahulu dan tidak ada biaya masuk kemuseum ini, hanya sumbangan seikhlasnya saja untuk perawatan gedung.

Disini kami diperbolehkan membawa tas & kamera, jadi tidak ada larangan apapun yang terpampang di dinding bangunan ini.

Didepan pintu masuk museum terdapat patung pahlawan Kapt. TB. Muslihat, beliau lahir di Pandeglang, hari Senin tanggal 26 oktober 1926, ia mendaftarkan diri menjadi tentara sukarelawan Pembela Tanah Air PETA. Nama besarnya diabadikan menjadi nama jalan di kota Bogor, dan didirikanlah sebuah monumen didaerah taman topi yang selama ini dikenal sebagai monumen Kapten Muslihat.






















Bangunan dari museum ini adalah bangunan jaman Belanda, bangunannya tidak begitu luas, terdiri dari dua lantai, Jendela & pintunyapun lebar & tinggi. Didalam museum ini cukup rapi dan bersih, tidak ada kesan angker atau mengerikan, pencahayaan & sirkulasi udaranya cukup baik. Benda-benda bersejarahnyapun tertata dengan rapih.

Pada lantai pertama terdapat ragam senjata, mulai dari meriam, senapan, hingga bambu runcing, juga terdapat beberapa benda seperti mesin tik kuno & alat stensilan jaman dahulu kala.






















Dilantai dua kami disuguhi pemandangan seperti dokumen-dokumen penting jaman dahulu, foto parapahlawan, seragam saat berjuang hingga mesin jahit kuno.

Entah mengapa saat kami melihat & mencermati pakaian-pakaian yang terpampang, ada perasaan sedikit merinding, sepertinya ada noda darah atau entah apalah... kami hanya menerka-nerka sendiri noda apakah itu.










Kunjungan kali ini membawa kita kemasa perjuangan dahulu, dengan persenjataan yang seadanya akhirnya kita bisa merebut kemerdekaan, luar biasa para pembela bangsa & mungkin memang sudah ditakdirkan bahwa negara ini harus merdeka dan terbebas dari penjajahan. Terima kasih para pahlawan :)











Lokasi Museum:

Jalan Merdeka No.56, Bogor, Jawa Barat

Telepon : 0251- 9135879

Faks : 0251- 326377

Jadwal Kunjungan:

Sabtu s.d. Kamis, Pukul 09.00-14.00













No comments:

Post a Comment